Home » » Cara menyambung USB OTG di Xperia L

Cara menyambung USB OTG di Xperia L

USB OTG (USB On The Go) adalah sebuah standar yang memungkinkan perangkat mobile / gadget (gawai) untuk terhubung satu sama lain. USB membuat gadget mampu terhubung ke charger atau PC. Namun dengan USB OTG akan membuat gadget dapat terhubung langsung dengan flashdisk atau hardisk eksternal sekalipun.

Pada dasarnya, gadget-gadget android keluaran terbaru untuk kelas menengah sudah memiliki kemampuan untuk USB OTG. Namun untuk mengetahui apakah ponsel tersebut memiliki kemampuan USB OTG anda dapat melakukan riset terlebih dahulu dengan mencari informasi di google atau menanyakan langsung kepada penjual.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita tentang cara menghubungkan USB OTG ke xperia L. Awalnya saya tidak mengetahui jika xperia L memiliki kemampuan untuk melakukan sambungan USB OTG, namun pada sebuah grup dijelaskan bahwa Xperia L pada dasarnya memiliki kemampuan untuk tersambung dengan falshdisk / flashdrive melalui USB OTG. Yang menjadi kekurangan adalah sambungan USB pada xperia L tidak mengeluarkan listrik untuk melistriki USB Flashdisk sehingga anda membutuhkan kabel USB OTG dengan "konektor Y" dimana satu kabel untuk menghubungkan dengan sumber listrik seperti charger atau powerbank.

USB OTG Y connector Male and Female
Selain itu sarat selanjutnya adalah Xperia L anda dalam keadaan ROOT dan menginstall USB OTG Helper.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk menyambung xperia L dengan USB OTG
  1. Xperia L
  2. ROOT
  3. Kabel USB OTG konektor Y
  4. USB OTG Helper
  5. Flashdisk

Cara menggunakan USB OTG
1. Colokan USB OTG ke xperia L flashdisk dan sumber listrik (charger / powerbank)
2. Buka USB OTG Helper dan tekan Mount
tekan MOUNT
3. Walaupun pada penjelasan terdapat tulisan "No drives mounted! (code9)" namun pada dasarnya flashdisk telah berhasil terhubung dengan alamat file di /storage/UsbOTGDrives
Sudah tersambung dengan flashdisk
4. Buka file explorer untuk membuka file
Mencoba menyambung dengan hardisk external.
Tapi jangan sering-sering karena konon katanya dapat membuat hardisk eksternal bad sector
5. Untuk melepas sambungan tinggal masuk lagi ke USB OTG Helper dan klik UNMOUNT.

Semoga bermanfaat.





0 comments:

Post a Comment