Home » » Cara mengatasi memori penuh karena File .thumbnails Android

Cara mengatasi memori penuh karena File .thumbnails Android

Dalam pemakaian Android, seiring berjalannya waktu anda akan mengalami notifikasi berupa kapasitas memori internal android yang tinggal sedikit. Ketika mengalami hal tersebut anda biasanya akan melakukan penghapusan file-file dan aplikasi yang dianggap tidak penting serta pemindahan file ke dalam memori sdcard.
Namun hal menjengkelkan terjadi ketika sudah dihapus dan/atau dipindahkan, peringatan "low memory space" tetap muncul.
Hal itu dapat terjadi karena cache file (terutama file foto) yang menumpuk di perangkat android anda. file cache ini berada pada directory storage/sdcard0/DCIM. dalam folder DCIM terdapat folder .thumbnails yang merupakan folder berisi cache / tembolok dari gambar-gambar di android anda.
Anda dapat menghapus langsung folder .thumbnails tersebut. Namun masalahnya dalam beberapa waktu android anda akan memproduksi kembali cache sehingga memori android anda akan kembali rendah atau bahkan penuh.

Apakah anda tidak dapat menemukan folder .thumbnail di DCIM? hal itu wajar karena folder dengan awalan nama titik "." tidak akan muncul secara default pada explorer. Saya sarankan anda menggunakan explorer yang mendukung untuk menampilkan folder dan file hidden/tersembunyi. Saya biasa memakai solid explorer dan untuk menampilkan file dan folder hidden bisa baca disini
Ketika anda membuka fokder .thumbnail maka anda akan melihat beberapa cache gambar dan satu file bertuliskan aneh seperti pada gambar di bawah ini.

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas terdapat file bertuliskan .thumbdata3-1967290299 dan merupakan file yang bertanggung jawab dalam penuhnya memori android anda. File thumbdata tersebut akan terus muncul kembali jika anda menghapusnya.

Ada salah satu cara agar file tersebut menjadi "jinak" yaitu dengan membuat folder dengan nama yang sama, lalu di copas dan menumpuk file data yang ada sehingga menjadi seperti ini.

Cara diatas terbukti efektif untuk mengatasi memori low atau penuh pada sony xperia L saya.
Semoga bermanfaat :)


16 comments:

  1. mau nanya kak,,,
    semisal diterapkan di samsung star ni kak gmana soalnya aku udah ngapus file yang ga guna,, sebagian aplikasi juga udah di hapus tpi tetap memory hampir penuh?? tumbnailsnya ga ada kak adanya detik_cache... sama nggak tuh??? mohon sarannya kak.... terima kasih

    ReplyDelete
  2. Mau nanya, knp ya ga ada folder seven knight di mem internal padahal spacenya kepake. Terus ga bisa di search. Saya pke android kitkat, mau dipindah ke sd tapi ga ke detect foldernya. Gimana supaya bisa ke detect ya? Makasih

    ReplyDelete
  3. Pas copas gagal. Bisa kasih saran kenapa aku gagal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai aplikasi explorer apa gan? COba pakai "solid explorer"

      Delete
  4. Kak jadi maksudnya tu , dibikin folder kayak DCIM itu terus filenya di copy di folder yabg baru,terus yang folder yang lama di hapus ya , begitukah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat folder dengan nama seperti file ".thumdataxxxx" yang ada dalam DCIM, lalu folder tersebut dicopy ke folder DCIM.

      Delete
  5. Kalo di delete dulu masalah ga ke androidnya gan ? Di hp sy ada 2 file kayak gitu .

    ReplyDelete
  6. Kang Irwan mohon petunjuk.
    saya ga sengaja ngehapus itu file, udah ilang tapi kapasitas memory ttp ga berubah (ga berkurang).
    kudu gimana ya kang Irwan?.

    ReplyDelete