Home » » Mengamankan data skripsi secara online dengan dropbox

Mengamankan data skripsi secara online dengan dropbox

Salah satu topik panas yang sering dibahas oleh mahasiswa tua adalah skripsi atau tugas akhir. Skripsi adalah ritual wajib yang harus ditempuh agar bisa lulus dan mendapat gelar Sarjana. Namun ada beberapa mahasiswa S1 yang tidak perlu mengerjakannya dan menggantinya dengan penelitian lain

Kehilangan data skripsi yang telah diketik adalah salah satu mimpi terburuk yang terjadi (Naudzubillah min dzalik). Karenanya anda perlu backup data skripsi anda di banyak tempat.
Jangan tinggalkan data skripsi anda di laptop saja. Bayangkan apa yang akan terjadi jika secara tiba-tiba laptop anda error dan data anda tidak dapat diselamatkan karena hardisk harus di format seluruh drive nya. Anda perlu menyimpan data skripsi anda di tempat lain seperti USB flashdisk, hardisk eksternal, atau disimpan secara cloud.

Untuk penyimpanan secara cloud ada beberapa layanan yang dapat di gunakan secara gratis seperti google drive, one drive, box, sugar sync, dan dropbox.
Dari kesemuanya saya lebih terbiasa menggunakan dropbox karena terbilang cukup mudah dalam penggunaannya.

Untuk menyimpan data ke dalam dropbox anda dapat megupload nya melalui website dropbox atau juga dapat menggunakan aplikasi dropbox yang mana cukup meletakkan file anda ke dalam dropbox dan biarkan sinkronisasi berjalan secara otomatis. Keduanya tentu saja memerlukan sambungan internet agar data anda dapat terupload.

Aplikasi dropbox tersedia untuk berbagai macam OS seperti windows, android, linux, osx, dan iOS. Untuk memakai aplikasi dropbox di windows anda cukup mendowload dan install aplikasi dropox tersebut kemudian log in dan anda akan mendapat folder dropbox (biasanya ada di favourite).
Letakkan semua data yang ingin anda sinkronisasikan dengan dropbox ke dalam folder tersebut. Anda juga dapat membuat folder di dalam agar file anda lebih tertata.

Akhir kata, Selamat berjuang wahai para pejuang skripsi, jika ingin datamu lebih aman, saya mengundangmu untuk join dropbox melalui link ini
Gambar diambil dari dropbox

Untuk mendownload file dropbox tanpa login dan download aplikasi dropbox silakan klik disini

0 comments:

Post a Comment