Home » , , » Negara itu Bernama Keluarga

Negara itu Bernama Keluarga

Keluarga  adalah suatu bentuk terkecil dari suatu penyelenggaraan negara. Walaupun kepalanya tidak dipilih dengan pemilu, Namun kepala negara kecil ini mempunyai hak dan kewajiban untuk membuat negaranya tetap berdiri. Layaknya sebuah negara secara harfiah, pemimpin negara ini juga dapat memimpin dengan beberapa tipe: otoriter dan demokratis. Diantara kedua tipe pemimpin tersebut, keduanya sama-sama baik jika ditempatkan dalam keadaan negara yang pas. Toh, tidak semua negara bisa kondusif dengan tipe kepemimpinan demokratis bukan?

Kita tahu lumrahnya suatu negara akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Yang membedakan adalah seberapa cepat dari tiap-tiap negara itu berkembang untuk maju.

Selayaknya negara, keluarga juga harus berkembang dalam setiap prosesnya. Seorang tukang becak yang hanya lulusan SD sudah bisa dianggap berhasil jika dapat menyekolahkan anaknya hingga lulus SMP. Walaupun dewasa ini dengan hanya bermodal ijazah SMP akan sangat sulit untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang sesuai, kecuali jika menjadi seorang entrepreneur. Pada akhirnya dapat dikatakan bahwa negara ini berkembang secara lambat. Tentu lain halnya jika anaknya berhasil meraih S1.

Namun kesuksesan negara ini tidak hanya menjadi tanggung jawab sang kepala negara saja. Anggota negara yang lain juga harus ikut membantu dan yang paling penting generasi penerus, sang pelaku yang akan meneruskan negara ini agar tetap berdiri.

Sebagai generasi penerus, akan dibawa kemana negara kecilmu yang kelak akan kau pimpin?

P.S. Jadilah kebanggaan orang tuamu setiap waktu

0 comments:

Post a Comment