Home » » Alasan kenapa BBM for Android dan iOS Tidak akan Terlalu Sukses

Alasan kenapa BBM for Android dan iOS Tidak akan Terlalu Sukses

bbm for androidSudah pada tahu kan kalau BBM (Blackberry Messenger) akan muncul di Android dan iOS. Ada banyak pandangan kemunculan dari BBM ini ke Android. Dari sekian pendapat positif, ada juga pendapat negatif dan menyebut langkah blackberry ini sebagai bunuh diri.
Kenapa BBM tidak akan terlalu sukses di Android dan iOS (Walaupun yang download mungkin bisa sampai jutaan?)
Pertama karena sudah banyak aplikasi messenger lain yang sudah berkecimpung lama dan mempunyai fitur yang lebih lengkap. Dibandingkan dengan BBM yang nanti pada awal kemunculannya belum mempunyai fitur yang selengkap seperti di device asli Blackberry.
Kedua, BBM ini kabarnya hanya akan support dengan device 4.0 (ICS) ke atas. Padahal sampai saat ini OS terbanyak yang dipakai Android adalah 2.3 (Gingerbread).
Ketiga, BBM yang sering pending akan membuat penggunanya dengan mudah beralih ke aplikasi messenger lain yang lebih stabil dan mumpuni (dan juga support dan dapat digunakan pada perangkat Android ddengan OS dibawah 4.0)
Dari ketiga pandangan tersebut dapat saya simpulkan bahwa dengan hadirnya BBM ke Android adalah jalan bagi para pengguna device / ponsel Blackberry untuk beralih ke Android / iOS. Dan ketika mengalami kendala dengan BBM (semisal pending) maka akan mudah sekali pindah ke aplikasi messenger lainnya seperti LINE / Kakaotalk / Whatsapp / WeChat dan bisa saja lebih prefer dengan aplikasi tersebut ketimbang BBM. Karena memang user experience menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut lebih mantap ketimbang aplikasi BBM saat ini.

BBM bisa saja mendapat jutaan unduhan seperti facebook for Android tapi bisa juga mengikuti jejak facebook for Android yang mendapat banyak kritikan dan cemooh karena user experience yang kurang.
Keputusan BBM untuk berekspansi ke Android dan iOS adalah pilihan tepat. Karena trend Blackberry saat ini dimana semakin ditinggal penggunanya (Kecuali Indonesia)
Diharapkan dengan hadirnya BBM di Android dan iOS ini maka akan lebih menjaga dan meningkatkan pengguna BBM.

P.S. Ini hanya pemikiran saya saja.
P.S.S. Jujur saya juga menunggu hadirnya BBM di Android yang dikabarkan muncul 27 Juni 2013. Semoga BBM for Android tidak mengecewakan.

1 comments:

  1. Nice opinion. Tapi menurut saya bbm for android and ios tidak sama seperti bbm pada smartphone blackberry non BB 10. Bbm pada z10 contohnya, handset tersebut tidak memerlukan server blackberry lagi seperti dulu melainkan menggunakan data connection seperti halnya messenger lain (whatsapp, line, kakaotalk dll). Namun saya tetap setuju bbm for android dan ios tidak akan sesukses dulu saat pertama kali booming. Yang saya yakin adalah orang tidak akan punya alasan untuk membeli smartphone blackberry lagi karena selama ini Blackberry hanya mengandalkan bbm nya saja.

    ReplyDelete