Home » , , » Tips menghafal Al-Quran dari Ustad Yusuf Mansur

Tips menghafal Al-Quran dari Ustad Yusuf Mansur


Membaca Quran
Jika kamu merasa bisa membahagiakan orang tua dengan prestasi sekolah yang bagus atau mendapat pekerjaan yang bergengsi, atau memberi rutin uang kepada orang tua. Itu tidak cukup.
Hal yang paling membuat orang tua bahagia adalah dengan menjadi hafiz Al-Quran. Setidaknya itulah yang dikatakan ustadz yusuf mansur.
Selanjutnya ustadz Yusuf Mansur memberikan tips bagi anda yang ingin menjadi hafiz Al-Quran. Namun maaf karena kekurangan dalam ingatan saya, maka saya hanya mengingat beberapa hal saja

1.       Niat
Innamal A'malu Bin Niyat. Apapun harus dimulai dengan niat, begitupun juga ketika Anda akan menghafal Al-Quran. Niatkan itu dan memohon kemudahan oleh Allah SWT.
2.       Pakailah hafalan photographic
Apa itu hapalan secara visual, hal ini bisa dilakukan ketika anda membaca Quran berkali-kali biasanya anda akan hafal dimana letak awal surat tersebut, halaman surat tersebut, ketika sampai huruf mana ayat tersebut berganti baris dan lain-lain. Ustadz Yusuf Mansur pun merekomendasikan untuk mempunyai Quran yang sama dalam jumlah yang banyak dikarenakan agar Quran selalu ada bersama kita karena biasanya kita sering lupa untuk membawa Al-Quran kemana kita pergi
3.       Membaca Al-Quran potong per potong dan banyak di ulang
Jika Ayat Quran terlalu panjang, potong ayt tersebut dalam beberapa bagian hapalan, sehingga hapalan anda menjadi lebih mudah karena tidak diharuskan menghapalkan sekaligus, melainkan bertahap. Ulangi tiap bagian 20 kali. Nah jika bagian pertama sudah hafal, maju ke bagian kedua dan baca bagian kedua sebanyak 20 kali. Ketika bagian kedua sudah hafal, baca bagian sati dan dua sebanyak 20 kali, jika sudah, maju kebagian tiga dan seterusnya, diulang-ulang sampai anda melafalkan satu ayat 20 kali. Jika sudah hafal satu ayat, maju ke ayat berikutnya yang dipotong juga menjadi beberapa bagian, dan ketika ayat tersebut hafal. Ulangi baca ayat sebelumnya dan auat tersebut 20 kali.

Sebenarnya masih ada tips lanjutan yang diberikan oleh ustadz Yusuf Mansur. Namun saya rasa 3 tersebut sudah membantu anda dalam menghafal. Selanjutnya jangan sampai anda lupa terhadap Ayat atau Surat yang sudah dihafal dengan menjadikan surat tersebut menjadi bacaan Surat-Surat Sunnah dalam sholat.
Jika ada yang perlu ditambahkan, jangan sungkan-sungkan ditambahkan J

4 comments: