Home » , , » Sistem Pendidikan di Australia

Sistem Pendidikan di Australia

kali ini saya akan mencoba berbagi apa yang saya dapat tentang sistem pendidikan di Australia berdasarkan informasi dari Mas Tom, seorang Australia yang berkunjung ke sekolah saya selama dua minggu ini (sayangnya seminggu terpotong untuk Ujian Nasional). Mas Tom (maaf saya lupa nama lengkapnya) ini adalah mahasiswa Hukum dan HI dari Universitas di Australia. Dia ditugaskan oleh Departemen Pendidikan untuk memantau sekolah-sekolah RSBI (termasuk sekolah saya Smansa Purwokerto).

pagi tadi, sewaktu pelajaran Bahasa Inggris, kami diberi kesempatan untuk sharing dan Mas Tom memberikan kesempatan pada kami untuk mengajukan pertanyaan kepadanya.

ada beberapa pertanyaan yang diajukan, namun pada kesempatan ini saya hanya akan berbagi tentang pendidikan di Australia berdasarkan apa yang dijelaskan oleh Mas Tom

Di Australia hanya ada dua tingkatan sekolah: sekolah primmary dan high school atau sekolah tinggi. pada sekolah tinggi, kira-kira pada kelas delapan. ada tujuh mata pelajaran yang dibebankan untuk siswa Australia. Di mana siswa Australia boleh mengambil apapun mata pelajaran yang disenangi tanpa bergantung jurusan IPA, IPS dan Bahasa, semisal chemistry dan geography (itu kan dua pelajaran yang ada di IPA dan IPS).

Untuk ujian akhir. Di Australia tidak dikenal Ujian Nasional, melainkan Ujian state (atau provinsi di Indonesia) dan Ujian tersebut tidak menentukan kelulusan siswa Australia, melainkan menentukan kemana siswa untuk melanjutkan pendidikannya. tentu saja jika nilainya rendah siswa tersebut tak dapat melanjutkan pendidikan sebagai dokter.
berapapun nilai yang tuntas dari Ujian tersebut, siswa tersebut bisa dinyatakan lulus. bahkan jika dapat nol untuk semua mata pelajaran siswa tersebut masih dinyatakan lulus. akan tetapi kelulusan tersebut tak berguna. artinya: siswa tersebut akan sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya.

siswa Australia sana juga melakukan part time job untuk mendapatkan penghasilan.


P.S. update dapat dilakukan pada Artikel ini.

update: mas tom cukup fasih bahasa Indonesia dan juga mengerti bahasa jawa.

4 comments:

  1. salah itu,, kalo udah kelas XI sama kelas XII ada tambahan 2 mapel, yaitu life skill sama KN.. setauku begitu waktu ngbrl sama mas tom dirumahnya rizal

    ReplyDelete
  2. Belajar di luar negeri lumayan mahal ya? Nanti pas nyari kerja juga harus yang bergaji gede biar kembali modal. :)

    ReplyDelete
  3. @imcw, orientasi saya bukan untuk uang mas

    ReplyDelete
  4. [...] dari postingan sebelumnya tentang sistem pendidikan di aussie. kali ini irwan akan melanjutkan penjelasan dari Mas Tom tentang bagaimana caranya agar bisa [...]

    ReplyDelete